Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Umat Buddha Laksanakan Waisak From Home

Ketua PUBI Nico Tri Sulityo Budi usai menggelar ibadah di Wihara Dharma Bhakti Sidoarjo.

Peringatan hari-hari besar keagamaan pada tahun 2020 ini tak seperti biasanya dan tak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, hingga hari ini masih terjadi penularan Covid 19.

Seperti halnya perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2564 BE yang jatuh pada Kamis, 7 Mei 2020. Umat Buddha Indonesia memperingatinya dengan beribadah di rumah sesuai anjuran protokol Covid 19.

Ketua Persamuan Umat Buddha Indonesia (PUBI) Nico Tri Sulityo Budi menjelaskan bahwa perayaan Waisak dilakukan di rumah masing-masing. “Biasanya kami kumpul-kumpul. Tapi untuk tahun ini Waisak From Home,” jelasnya.

Intinya, segala aktifitas yang biasanya dilaksanakan bersama-sama tetap dilaksanakan tetapi di rumah masing-masing. Adapula ritual yang sengaja tidak dilaksanakan seperti Pradaksina atau puja keliling tempat ibadah.

Sehingga, ibadah ritual yang dapat dilaksanakan yakni membaca kitab suci di rumah dan puja bhakti yang dilakukan secara online.

“Hari ini kita belajar dan harus menerima situasi. Namun kita yakin di dunia ini tidak ada yang kekal. Virus pun tidak ada yang abadi,” terang Nico di Wihara Dharma Bhakti Sidoarjo.

Intinya, peribadatan tahun ini disesuaikan untuk mencegah dan membatasi penyebaran virus Corona. Demi kebaikan bersama dengan saling menjaga satu dengan yang lainnya.

Selain itu, lanjut Nico, seandainya tidak ada pandemi, di bulan Ramadan seperti ini umat Budha Sidoarjo juga menggelar bhakti sosial berupa pembagian tajil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.