Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Talkshow FKUB Sidoarjo, Angkat Tema Perayaan Paskah dalam Perspektif Sosial

Suasan menjelang acara dialog interaktif

Dalam rangka menyambut Hari Raya Paskah 2018, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bekerjasama dengan Radio Suara Sidoarjo menggelar kegiatan dialog interaktif. Kegiatan tersebut merupakan acara rutin FKUB bersama Suara Sidoarjo yang disiarkan secara live setiap bulan di minggu terakhir.

Acara dialog tersebut digelar di Cafe Tioly Jalan Sultan Agung, Sidoarjo dan dihadiri sekitar 50 orang tokoh lintas agama yang terwadahi dalam keluarga besar FKUB. Tema dialog kali ini yakni Paskah dalam Perspektif Sosial sebagai Bagian dari Paradigma Kerukunan Umat Beragama yang dilaksanakan pada Senin malam 26 Maret 2018.

Ada 3 narasumber yang dihadirkan. Mereka berasal dari FKUB yang diwakili oleh Sekretaris FKUB M. Idham Kholiq, Pendeta Betsy Wahyudi dari Bethany Krian, dan Pendeta Maradona Sibagariang yang merupakan Ketua PGI Sidoarjo.

Mengawali sesi dialog, Betsy menjelaskan tentang hakekat peringatan paskah yang merupakan ungkapan syukur umat Kristiani karena Jesus telah menebus dosa manusia. “Intinya, paskah mengingat kembali perjuangan yesus yang telah mengorbankan dirinya untuk umat manusia’’ jelas Besthy.

Sementara itu Maradona menambahkan bahwa paskah adalah pemulihan Iman. Pemulihan iman menyangkut ketika Allah bersolidaritas kepada manusia yang terpinggirkan. Sehingga Paskah selalu memiliki agenda sosial yang salah satu wujudnya yakni bhakti sosial, donor darah, dan lain-lain.

Di sela-sela dialog, sekretaris FKUB M. Idham Kholiq menegaskan bahwa salah satu fungsi agama yakni menguatkan iman. Wujud dari semakin kuat imannya bisa dilihat dari semakin baiknya prilaku sosialnya, karena buah dari iman adalah kebajikan dalam kehidupan sosial. (YAN)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.