Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Semarak HSN: KB-FKUB Turut Memberikan Sumbangan untuk Hari Santri

Bentuk dari sebagian sumbangan lintas agama di Sidoarjo untuk memeriahkan HSN
Sidoarjo, Sabtu, 21 Oktober 2017

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) akan diselenggarakan pada Minggu, 22 Oktober 2017 di GOR Sidoarjo. Keluarga Besar Forum Kerukunan Umat Beragama (KB-FKUB) Kabupaten Sidoarjo juga turut serta memberikan sumbangan demi lancarnya kegiatan peringatan HSN.

Sumbangan diberikan baik oleh perorangan maupun atas nama lembaga. Sebagian besar sumbangan berupa air mineral dan uang. Sumbangan tersebut diberikan antara lain oleh jemaat Gereja Bethany Indonesia Krian, TITD Teng Swie Bio Krian, PUBI, GKJW Sidoarjo dan WKRI SMA 6. Selain itu pemberian bantuan juga dilakukan oleh HISSA Prima Mandiri, Gereja Katolik Sancta Maria Annuntiata, TITD Tjong Hok Kiong, GPDI Gedangan, PHDI, serta Gereja Kebangkitan Kristus Krian.

Tak hanya itu, aliran sumbangan juga datang dari GKJW Tropodo, Gereja Bethany El Gibbor, GBI Centro, PP Efrata, WKRI Salib Suci Tropodo, serta HKBP Sidoarjo. Bantuan juga dari perorangan antara lain Bapak Jusuf Isnajanto, HM Sholeh Qosim, dan lain-lainnya.

Menurut M. Idham Kholiq selaku Sekretaris FKUB Sidoarjo, pemberian bantuan ini menunjukkan toleransi dan kerja sama antar umat beragama di Kabupaten Sidoarjo sangatlah baik. HSN tidak hanya kegiatan milik umat muslim tapi juga semua umat.

“Rasa guyub dan rukun inilah yang harus terus kita bina dan tingkatkan. Jangan sampai terjadi intoleransi beragama di Sidoarjo khususnya dan Indonesia pada umumnya”, lanjut Idham.

Tak hanya itu, Idham juga menjelaskan bahwa FKUB juga akan membuat posko untuk acara HSN. “Rencananya, mungkin juga akan ada ambulans dan tim medis yang akan datang. Kita lihat saja hasil koordinasi besok”, lanjut Idham menutup perbincangan.

Peringatan HSN akan diselenggarakan besok, dengan acara diantaranya “Ngaji Sorogan” dengan jumlah 45.000 santri. Acara tersebut rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo.

Ngaji sorogan itu sekaligus pemecahan rekor Muri mengaji kitab kuning dengan jumlah orang terbanyak. Kitab yang akan dibacakan adalah Nashaihul Ibad Karya Syehk Nawawi al-Bantany Putera Nusantara yang menjadi Rujukan Ilmu, dipandu oleh Rais Syuriyah PBNU KH. Ma’ruf Amin.

Selain pembacaan kitab kuning, para santri akan melakukan Kirab pandji dan pawai taaruf santri Madin & TPQ. Parade Kolosal Bendera Merah Putih, NU dan Pataka Banor dilanjutkan Pawai Santri dengan Model Defille (kontengen beregu) dengan peserta Madrasad Diniyah, LP Maarif dan TPQ Se Kabupaten Sidoarjo, menjadi penyemarak acara yang akan dilaksanakan 22 Oktober 2017, di GOR Sidoarjo nanti.

Selain itu ada konser Duta Ayo Mondok, Konser Band Wali sebagai satu-satu Grup Band Profesional yang personilnya merupakan alumni pesantren. Pada Silatnas Ayo Mondok 2016 Grup Band Wali ditetapkan Sebagai Duta Ayo Mondok oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). (NDA)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.