Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Selenggarakan Bakti Sosial bersama FKUB – Gereja Katholik Sanmarin; Umat Beragama harus saling bekerja sama

Suasana pembukaan Baksos di Balai Desa Pilang

Hari itu, minggu, 19 november 2017, sejak pukul 06.00, kesibukan di balai tersebut tidak biasanya yang sepi di hari Minggu. Nampak banyak oarng mempersiapkan perlengkapan pendukung suatu seperti meja, kursi, alat bantu pengeras suara dll.  Pukul 07.00 rombongan beberapa mobil dengan membawa berbagai paket sembako, peralatan medis serta puluhan orang datang dan memasuki halaman balai Desa Pilang. Mereka adalah panitia Baksos dari umat Katholik Sancta Maria dan FKUB tiba dilokasi. Aneka kesibukan langsung mewarnai suasana balai desa yang berada di pingir jalan tersebut. Hari itu, Minggu, 19 November 2017, Forum Kerukunan Umat Beragama atau yang sering dikenal dengan singkatan FKUB, bersama-sama dengan Gereja Katholik Sancta Maria Annuntiata (SANMARIN) Sidoarjo, menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Desa Pilang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan tersebut digelar di halaman dan pendopo Desa Pilang. Panitia dari unsur FKUB Sidoarjo, Umat Katholik Sanmarin, serta Desa Pilang nampak berbaur dalam kesibukan mempersiapkan kebutuhan kegiatan, diantara kesibukan panitia tersebut, tidak ketinggalan pimpinan paroki Gereja Katholik Sancta Maria Annuntiata Rm. A. Tribudi Utomo. Pria yang akrab dipanggil Romo Didik itu tidak canggung turut berjibaku mempersiapkan acara. Nampak wajah-wajah ceria penuh kegembiraan dan suka cita mempersiapkan acara.

Kegiatan bakti sosial kerjasama FKUB dengan gereja Katholik Sanmarin merupakan kegiatan rutin setiap tahun, dan kegiatan di Desa Pilang ini merupakan bakti sosial bersama untuk yang ke lima kalinya. Seperti yang dituturkan Ibu Nanik –Ketua Panitia Baksos dari Gereja Sanmarin– bahwa Gereja Katholik selalu bekerjasama dengan FKUB. “Kami berterima  kasih kepada FKUB yang terus mendampingi kami berbagi kepada sesama”, tuturnya.

Kegiatan yang dibuka pukul 08.00 ini, dimulai dengan sambutan panitia, perwakilan FKUB dan dibuka oleh Kepala Desa Pilang. Dalam salah satu sambutannya, H. Subandi sebagi salah satu anggota Keluarga Besar FKUB, menyampaikan pesannya bahwa kegiatan bakti sosial ini adalah kegiatan positif, tujuannya murni untuk sosial, yakni saling membantu satu umat kepada masyarakat. “Tidak ada maksud lain, kegiatan murni sosial”, tegas nya. Senada dengan H. Subandi, Sekretaris FKUB, M. Idham Kholiq menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial umat beragama merupakan salah satu wujud sikap saling berbagi antar umat beragama tanpa membeda-bedakan agama masing-masing. Serta harus dihindari berbagai persepsi dan stigma negatif hubungan antar umat beragama, yang seakan-akan selalu diwarnai perselisihan. “Saling berbagi adalah wujud dari iman setiap orang, kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan bakti sosial ini, terutama umat Katholik Sanmarin yang memberikan sumbangan kepada masyarakat’, ujarnya.

Kegiatan bakti sosial ini, panitia menyiapkan 250 paket sembako untuk diberikan kepada kaum msikin setempat. Paket pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kepada warga yang sakit sejumlah 250 paket, layanan akunputr dan edukasi gizi kepada ibu-ibu serta pemberian tambahan gizi balita. Semua berjalan lancar. Warga nampak antusias sejak pukul 07.30 telah bergelombang hadir di lokasi. Mereka menyimak berbagai penjelasan, termasuk edukasi kesehatan oleh Tim Dokter yang dihadirkan panitia. Seluruh paket sembako yang disediakan diterima warga yang berhak, dengan menunjukkan kupon yang telah dibagikan panitia sebelum hari pelaksanaan. Ruang pemeriksaan kesehatan juga dijubeli oleh warga yang ingin berobat. Nampak pula ibu-ibu muda yang menggendong balita mengikuti kegiatan. Meski begitu ramai dijebuli masyarakat, namun semuanya berjalan tertib seperti yang diharapkan panitia. Pukul 13.00 seluruh rangkaian acara selesai. Perasaan lega dari wajah-wajah panitia yang nampak letih, namun suasana kegembiraan menggambarkan suka cita seluruh panitia.

Di sela-sela kegiatan Kepala Desa Pilang menyampaikan rasa terima kasihnya atas pelaksanaan kegiatan baksos ini. Semua berjalan lancar sesuai koordinasi-koordinasi yang dilaksanakan sebelumnya antara panitia Desa dengan Panitia Baksos. Ia berharap seraya memanjatkan do’a agar semua kegiatan tersebut menjadi amal kebajikan bagi sesama, kerukunan umat beragama semakin terpelihara dengan baik. (MIK)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.