Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Refleksi Diri: Saya Indonesia Saya Pancasila

CHRIST TEGUH
Ditulis oleh:  Christ Teguh
Pengurus Dewan Paroki Gereja Katholik Santa Maria Annuntiata Sidoarjo
Komisi Hubungan antar Umat Beragama dan Kepercayaan

Sidoarjo, 20 Agustus 2017

Selamat pagi para sahabat semuanya

Tak terasa usia Kemerdekaan Indonesia kita sudah 72 tahun. Sebagai warga bangsa Indonesia, kita harus bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikan Allah untuk hidup di bumi nusantara ini. Bumi nusantara yang begitu indah terdiri dari beribu pulau, beribu suku bangsa dan bahasa. Tentu juga dengan adanya perbedaan-perbedaan lainnya yang menghiasi cakrawaal khatulistiwa dari Sabang sampai Merauke.

Marilah kita sebagai warga bangsa ini untuk merefleksi diri yaitu, “Dimana bumi ini, yang namanya Indonesia menerimanya sebagai warga bangsa untuk hidup dan beranak cucu sekaligus menikmati kekayaan alam yang luar biasa berlimpahnya. Sudahkah dan pernahkah kita berpikir untuk membalas kebaikan bumi ini terhadap kita? Atau sebaliknya kita tidak punya hati terhadap bumi ini yang jelas-jelas kita diami?”

Kita harus mencontoh sikap patriotisme dan nasionalisme para pejuang yang telah berjasa bagi kemerdekaan Indonesia. Dunia sudah berubah , sudah 72 tahun Indonesia merdeka. Sudah bukan zamannya angkat senjata. Mari para sahabat kita isi buah kemerdekaan ini dengan segala talenta yang ada pada kita.

“Saya Indonesia”
“Saya Pancasila”
“NKRI Harga Mati”

Leave A Reply

Your email address will not be published.