Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Pondasi Utama Sebuah Bangunan Bernama Indonesia

Oleh:

Chrys Teguh

Ketua Panitia Safari Kebangsaan KB-FKUB Sidoarjo Tahun 2017

Suatu bangunan entah itu rumah atau gedung perkantoran apabila akan dibangun pasti yang menjadi pemikiran utama adalah bagaimana bangunan itu kuat dan tidak mudah roboh. Bagaimana sebuah bangunan akan mampu bertahan dalam waktu yang lama atau tahan terhadap alam. Demikian pula halnya negara kita Indonesia.

Negeri ini  berdiri dengan kokoh karena mempunyai pondasi yang kuat, tidak mudah goyah dan runtuh dengan perkembangan zaman, bahkan badai sekalipun. Kita patut berterima kasih kepada para pendiri bangsa ini.  Merekalah yang telah merencanakan, mendesain, meletakkan bangunan bangsa yang baik sampai sekarang dan dapat kita nikmati bersama.

Kita adalah putra-putri Indonesia harus se-iya dan se-kata dalam kewajiban membela negara. Hal ini, karena kita adalah penghuni bangunan yang bernama Indonesia. Negara Indonesia mampu berdiri tegak dengan Pancasila sebagai pondasi utamanya. Negara dengan ribuan pulau, ribuan suku bangsa, ribuan bahasa dan adat istiadatnya. Berbeda tetapi satu;

“satu bangsa, Bangsa Indonesia, satu bahasa, Bahasa Indonesia, satu tanah air, Tanah Air Indonesia”

Sebagai penegasan kembali saat ini adalah bagaimana kita mampu terus menggelorakan semangat juang tersebut pada enerasi sekarang. Bagaimana agar semangat juang para pendiri bangsa, para pahlawan yang dengan gigih membaktikan diri untuk negri dengan segala jiwa raganya terus digelorakan oleh generasi sekarang.

Zaman sudah berubah dengan apa yang telah dilakukan oleh para pendiri bangsa kala itu. Namun, kita tidak boleh berkecil hati. Kita juga harus melakukan suatu tindakan untuk mengingatkan kembali akan semangat cinta tanah air yang didiaminya itu.

Oleh karena itu, tepat tanggal 10 Nopember 2017 sebagai Hari Pahlawan, Keluarga Besar Forum Kerukunan Umat Beragama di Sidoarjo, memeringati Hari Pahlawan. Mereka juga sekaligus mengadakan Talkshow Safari Kebangsaan yang ke V atau yang terakhir.

Sebenarnya ada makna apa KB-FKUB mengadakan Talkshow sampai lima (5) kali putaran tersebut? Makna utamanya adalah “Menegaskan kembali Pancasila sebagai Falsafah bangsa dan negara”.

Talkshow Safari Kebangsaan yang diadakan oleh KB-FKUB merupakan sumbangsih demi terciptanya suasana damai penuh toleransi, terutama di Kabupaten Sidoarjo. Perlu di ketahui adalah Keluarga Besar Forum Kerukunan Umat Beragama, anggotanya berbeda latar belakang baik itu agama,suku,sosial budaya. Meski demikian, pada saat mengadakan kegiatan sosial dan wawasan kebangsaan satu sikap-satu tujuan. Dengan berakhirnya Talkshow Safari Kebangsaan tersebut, kebersaman kita tidak akan berkurang tetapi semakin kuat. Kita sekaligus akan terus bersama-sama mengimplementasikan sila-sila yang terkandung dalam Pancasila di tempat dimana kita berada.

Setidaknya apa yang telah dilakukan oleh KB-FKUB selama ini, yang terakhir Talkshow Safari Kebangsaan membuka mata hati kita bahwa kita punya saudara. Mereka adalah saudara se-tanah air dan se-bangsa. Tidak ada seka- sekat yang membelenggu kita. Meski ada perbedaan, semua menjadi satu pada tujuan utama “Indonesia Raya”.

Ke depannya, Keluarga Besar FKUB akan terus berusaha menciptakan karya nyata di dalam kehidupan sosial yang diembannya. Dengan keiklasan, semangat, berbagi, KB-FKUB telah melakukan banyak hal yang sekiranya itu bagian sumbangsih kita untuk kota tercinta “Kota Indah Bertoleransi”Sidoarjo. Akhir kata, kenangan yang telah kita ciptakan bersama, setidaknya bisa menjadi dasar untuk kita ciptakan kenangan yang lebih indah ke depannya. Amin

(Edit: NDA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.