Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Polresta dan KPUD Sidoarjo Berharap FKUB Sukseskan Pilkada 2020

Ketua KPUD Sidoarjo saat menyampaikan materi terkait pelaksanaan Pilkada.

Kegiatan sarasehan meningkatkan partisipasi FKUB  dalam Pilkada 2020 yang digelar oleh Bakesbangpol Sidoarjo di Tanjung Plaza Hotel Tretes, Prigen 29-30 September 2020 lalu juga menghadirkan pembicara dari KPUD dan Polresta Sidoarjo.

Materi pertama disampaikan langsung oleh Ketua KPUD Sidoarjo Mukhamad Iskak. Dalam paparannya ia menjelaskan tahapan-tahapan dalam pilkada, mulai dari pendaftaran pasangan calon hingga selesainya perhitungan.

Ia berharap, Pilkada Sidoarjo tahun ini tidak memainkan politik identitas yang berdampak kepada perpecahan. Harapannya, proses dan tahapan dilakukan secara objektif dan berkulitas untuk kemajuan dan penataan Sidoarjo.

“Saya yakin dengan peran FKUB. Bisa meredam politik identitas dan target partisipasi pemilih 77,5 persen tercapai,” ungkap Iskak.

Ia menambahkan, FKUB pun memiliki tugas tambahan yakni mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan.

Pihak KPUD pun akan memperketat pelaksanaan protokol kesehatan bagi panitia penyelenggara di setiap TPS. “Sebelum melaksanakan pemilihan, semua panitia pemumutan dan yang terlibat di dalamnya wajib melakukan uji kesehatan bebas Covid 19. Minimal rapid tes,” tambahnya.

Sementara itu, perwakilan dari Polresta Sidoarjo yang diwakili oleh Kasat Binmas Dodit Priyanto memberikan beberapa hal yang bisa menjadi titik kerawanan sebelum, saat, dan sesudah pilkada.

Dari paparnya itu, ia berharap FKUB membantu menjaga kehormatan umat, menetralkan permasalahan agama yang rentan digunakan untuk kepentingan politik, dan mewujudkan pesta demokrasi tanpa konflik agama.

Kasat Binmas Polresta Sidoarjo saat menyampaikan materi sarasehan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.