Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Peduli Korban Bencana Puting Beliung; Keluarga Besar FKUB Galang Sumbangan Umat Beragama

 

Bencana puting beliung yang terjadi di Desa Tambak Sumur dan Desa Rejo Kematan Waru Kabupaten Sidoarjo, Rabu 22 November 2017 lalu, langsung mengguggah umat beragama di Sidoarjo untuk turut peduli. Kamis 23 november 2017, para pemuka agama langsung bertemu di kantor FKUB Sidoarjo, yang beralamat di kompleks kantor Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo, berada di Jalan A. Yani no.4 Sidoarjo. Dalam pertemuan singkat yang difasilitasi oleh FKUB tersebut, para pimpinan umat beragama, mulai Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan budha serta perwakilan Tridharma, sepakat untuk turut memberikan sumbangsih bantuan kemanusiaan. Kegiatan aksi kemanusiaan untuk korban bencana puting beliung di Waru ini, dikoordinasikan melalui posko Keluarga Besar FKUB, yang ditempatkan di Kantor FKUB. Ditunjuk sebagai panitia pelaksana adalah para pengurus Generasi Muda (GEMA) FKUB. Selaku koordinator panitia adalah ketua Gema FKUB Sdr.Muh.Syifa. Selepas pertemuan, Muhammad Syifa yang akrab dipanggil Gus Syifa  ini, menyatakan kesiapannya menjalankan amanat tersebut. “saya siap melaksanakan tugas kemanusiaan ini”, tegasnya.

M. Idham Kholiq sekretaris FKUB yang memimpin jalannya rapat, usai rapat menyatakan kegembiraan dan rasa syukurnya atas itikad baik semua umat beragama untuk turut membantu korban bencana. Menurutnya kepedulian kepada korban bencana adalah wujud positif kepedulian umat beragama kepada sesama sesuai ajaran agama masing-masing.

Posko Keluarga Besar FKUB Sidoarjo untuk peduli korban bencana puting beliung ini, ditetapkan mulai dibuka hari jumat, 24 november 2017, mulai pukul 10.00 – 19.00. Setiap harinya posko ini dijaga oleh panitia dari unsur Generasi Muda FKUB beserta panitia pendamping dari unsur Keluarga Besar FKUB. Bpk. Jhony Manurung salah satu pendamping panitia, merasa optimis bahwa umat beragama di Sidoarjo akan bahu-membahu sesuai kekuatan masing-masing mendukunga dan memberikan sumbangan kegiatan posko ini. Perasaan optimis ini menurutnya didasarkan pengalaman yang sudah berjalan berkali-kali, bahwa kegiatan-kegiatan peduli sosial oleh Keluarga Besar FKUB selalu mampu mengguggah kesadaran seluruh umat beragama untuk saling berbagi dan membantu sesama tanpa membeda-bedakan agama. Bpk. Manurung yang sudah beberapa kali menjadi koordinator kegiatan-kegiatan sosial ini, menjelaskan bahwa kegiatan peduli sosial seperti peduli korban bencana bukanlah kegiatan baru bagi umat beragama di Sidoarjo. Sekitar bulan maret lalu, saat terjadi bencana puting beliung di wilayah Krian umat beragama melalui Keluarga Besar FKUB juga terjung langsung memberikan bantuan.

Posko ini akan dibuka hingga batas waktu yang belum ditentukan. Menurut M. Idham Kholiq, mungkin akan dibuka hingga dipandang telah mencukupi menyalurkan bantuan. Posko ini bertugas untuk menerima bantuan dan menyalurkan bantuan kepada korban bencana. Penerimaan bantuan, langsung dilaksanakan di posko dan tidak membuka lokasi lain. Bantuan bisa berupa uang dan bahan-bahan yang diperlukan. Bantuan yang diterima berupa uang akan disalurkan dalam bentuk barang, dengan membelanjakan barang sesuai dengan kebutuhan mendesak dari para korban. Panitia posko akan terus berkoordinasi dengan panitia di desa dalam rangka menentukan bentuk-bentuk bantuan yang diperlukan.

Sebagai wujud konkret, pada hari jum’at 24 november dan sabtu 25 november 2017, telah dikirimkan bantuan berupa kayu sebagai material bahan bangunan yang paling dibutuhkan. Sumbangan kayu ini berasal dari Bapak Hendro dan warga Bethany Krian, telah dikirimkan dan diterima langsung oleh panitia di desa agar bisa langsung dimanfaatkan. Hingga saat ini, telah terkumpul aneka macam bahan makanan, dan sejumlah uang sumbagai dari berbagai umat, baik pribagi atau dari lembaga-lembaga agama. Semuanya masih dihimpun dan diadministrasikan sebelum disalurkan ke lokasi.

Mari wujudkan kepedulian kita kepada korban bencana puting beliung sebagai wujud kepedulian kita kepada sesama. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita semua. Amiin. (MIK)

Leave A Reply

Your email address will not be published.