Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Konflik MTA Sidoarjo, Ini Sikap PC Ansor

mta_sidoarjoPeristiwa kekerasan yang terjadi di kantor Majlis Tafsir Alquran (MTA) di Jalan Lingkar Timur KM Desa Siwalan Panji Kecamatan Buduran, diduga akibat bersikerasnya MTA dalam menjalankan aktifitasnya.

Penilaian itu disampaikan Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Sidoarjo Slamet Budiono. Menurut Slamet, sikap PCNU sesuai surat Pemdes Siwalanpanji dan pertemuan Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka), serta dihadiri PC NU, MUI, FKUB dan PC Ansor Sidoarjo, menolak kehadiran MTA di wilayah Siwalanpanji.

“Hasil dalam bentuk surat Pemdes Siwalanpanji dan pertemuan dengan berbagai pihak, diserahkan ke Pemkab Sidoarjo, untuk proses penyelesaiannya,” kata Slamet Budiono, Minggu (27/10/2013).

Lanjut dia, warga Siwalanpanji, tokoh masyarakat dan para santri pondok pesantren yang berada di Siwalanpanji, sebenarnya hanya meminta apa yang telah menjadi kesepakatan pertemuan di tingkat kecamatan tersebut dihormati oleh MTA.

“Kami sudah mendekati secara persuasif, dan MTA tetap bersikukuh menjalankan aktifitas di kantornya, maka meledaklah amarah warga Sabtu (26/10/2013) sore itu,” ungkapnya.

Masih kata Slamet, dalam kasus ini, posisi Ansor sebagai organisasinya, menghormati penyelesaian masalah MTA ini sesuai prosedur dan tahapan yang diserahkan ke Pemkab Sidoarjo. PC GP Ansor Sidoarjo juga tidak mau jadi polisi aqidah.

PC Ansor tetap meminta kepada Kemenag, Bakesbangpol, MUI, FKUB dan Polres untuk bijak dalam penanganan ini. “Kami mengharapkan masalah ini, tidak dibiarkan menjadi bola liar dan mendorong ormas NU dan banomnya dihadapkan dengan MTA,” tegasnya.

Sementara itu, Agus Supriyanto mengemukakan, di kala pertemuan di Forpimka, pihaknya tidak diberi kesempatan menjawab atau klarifikasi soal tudingan warga. Sebenarnya sebagai Ketua MTA, akan menjelaskan bahwa MTA tidak pernah mengajarkan daging anjing halal, tahlil dan aktifitas lainnya itu bid’ah. “Yang kami dalami isi kandungan Alquran dan Alhadits seperti dijabarkan dalam tafsir-tafsir yang ada dan tidak menyimpang,” jelas Agus.

Leave A Reply

Your email address will not be published.