Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Kemenag dan FKUB Berdialog tentang Moderasi

Kepala Kemenag Sidoarjo M. Amir Sholahuddin saat berdialog bersama Sekretaris FKUB Idham Kholiq.

Pentingnya menjaga kerukunan umat beragama ditunjukkan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo dengan giat melaksanakan peningkatan wawasan para penyuluhnya. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan secara rutin dan selalu menyesuaikan perkembangan situasi dan kondisi.

Hal itu disampaikan oleh kepala Kemenag Sidoarjo M. Amir Sholahuddin saat berdialog dengan FKUB tentang Moderasi Baragama pada Rabu, 7 Oktober 2020 lalu di Kantor Kemenag Sidoarjo.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya selalu membekali para penyuluh dengan berbagai hal baru dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Tentang moderasi beragama, menurutnya itu merupakan capaian pemeluk agama yang taat kemudian dilaksanakan dalam keberagaman.

“Di dalam agama sudah ada moderasi, jadi tinggal bagaimana pemeluk menerapkan dalam kehidupan yang berbeda-beda,” ungkap Amir.

Artinya, tidak ada alasan bagi pemeluk agama yang taat untuk berprilaku ekstrem apalagi radikal kepada pemeluk lain tanpa ada sebab yang jelas.

Oleh karena itu pihak Kemenag selalu membekali  petugas lapangan yang berhubungan langsung dengan masyarakat dengan wawasan dan pengetahuan agama yang komplit.

“Pemahaman orang ada tingkatannya, sesuai dengan pendidikan, pengalaman, dan lainnya. Sehingga perlu terus dilakukan pmup grading,” jelas Amir.

Ia menambahkan, seluruh komponen masyarakat bersama pemerintah bertanggung jawab atas kerukunan dan toleransi umat beragama. Dasarnya yakni saling menghormati, kesetaraan, dan nilai serta norma lainnya dalam bingkai kebangsaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.