Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

KB FKUB dan Gema FKUB Ziarah ke Makam Riyanto

Perwakilan FKUB saat melakukan tabur bunga di makam almarhum Riyanto.

Bertepatan dengan momen Harlah 95 NU, perwakilan keluarga besar FKUB Sidoarjo melakukan kunjungan ke rumah almarhum sahabat Riyanto, Banser yang gugur saat bertugas mengamankan peringatan Natal di Mojokerto tahun 2000 silam.

Menurut sekretaris FKUB M. Idham Kholiq bahwa kunjungan tersebut merupakan agenda rutin FKUB setiap tahun yang biasanya dilakukan pada akhir tahun. “Biasanya tidak jauh dari momen natal, karena meninggalnya beliau saat malam Natal,” ungkapnya.

Selain bersilatirahmi, kunjungan FKUB juga untuk memberikan bantuan kepada keluarga almarhum Riyanto. Selain itu juga untuk meneladani perjuangannya dalam menjaga toleransi dan keberagaman di Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Idham, pihaknya mengajak perwakilan generasi muda (gema) FKUB ikut serta dalam rombongan. Hal itu menjadi penting karena sosok Riyanto adalah pemuda dan sekaligus kader NU yang sudah berani dan membuktikan diri menjaga perdamaian.

Senada dengan Idham, Ketua gema FKUB Dodik Arif Suwandono yang juga turut serta dalam rombongan mengaku, setiap akhir tahun sosok Riyanto jadi simbol semangat anak-anak muda dalam menjaga Kebhinekaan. “Untuk urusan kemanusiaan, beliau (Riyanto) tak mengenal perbedaan agama, ras, dan perbedaan lainnya,” ujarnya.

Bagi gema FKUB sosok Riyanto adalah inspirator dan semangat bagi anggota untuk aktif menjalin kerukunan.

“Usia muda tak menyurutkan semangat untuk berkorban bukan hanya waktu, tetapi juga nyawa bagi kemanusiaan,” pungkas Dodik saat berada di kediaman almarhum di Kelurahan Prajurit kulon, Kota Mojokerto, Rabu 24 Fabruari 2021.

Salah satu bentuk santunan kepada keluarga Riyanto.

Leave A Reply

Your email address will not be published.