Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

FKUB Sidoarjo Terkesan dengan Jambore Penyuluh Agama

Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur pada Selasa, 3 Juli 2018 menggelar acara Jambore Penyuluh Agama Islam dan Lintas Agama seluruh Jawa Timur di Arena Perkemahan Kantor tersebut.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Muhammadiyah Amin mengapresiasi terselenggaranya acara itu karena dinilai sangat inovatif. Ia pun berpesan, khusus kepada seluruh peserta yang terdiri dari penyuluh agama agar terus menebarkan kedamaian dalam menjalankan fungsi penyuluhan.

‚ÄúPenekanan kita adalah Dakwah Damai. Kita menolak radikalisme, karena radikalisme itu menganggap hanya dia yang benar, ini bahaya,” ujar Amin di hadapan peserta Jambore.

Selain itu, ia juga mengajak seluruh Penyuluh Lintas Agama melek teknologi sehingga agar bisa mengikuti isu-isu aktual yang sedang berkembang di media sosial.

Ketua FKUB Sidoarjo KH. Muhammad Kirom yang hadir bersama perwakilan Keluarga Besar FKUB di acara itu terkesan dengan kegiatan Jambore Penyuluh. Kehadirannya bersama Herman Josep Handojono dari unsur Katholik, I Nyoman Anom Mediana dari unsur Hindu, Iranto dr unsur Budha, Pendeta Kristanto dari unsur Kristen,
dan Hengki Rianto dari unsur KongHu Cu turut meramaikan dan memberikan dukungan kegiatan tersebut.

Mereka hadir mewakili FKUB Sidoarjo dan membaur bersama sekitar 586 Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Non PNS. Selain itu ada perwakilan lintas agama sebanyak 98 orang dan 240 pembina OSIS.

Jambore Penyuluh Lintas Agama tahun ini adalah gelaran yang kedua kalinya. Yang pertama pada 2017 lalu di Kabupaten Lumajang, tepatnya di Puncak B29 atau dikenal dengan negeri di atas awan.

Acara ini pun dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 3 hingga 5 Juli 2018.

Beberapa rangkaian acara di antaranya Lomba Penyuluh Teladan Kreatif dan Inovatif dari PAI Fungsional dan PAI Non PNS, Lomba Mars Penyuluh, Lomba Tendaku Rapi dan Indah, dan di penghujung acara akan diadakan Bincang-Bincang dengan Menteri Agama.

Acara secara resmi dibuka oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur dan dilanjutkan pembacaan deklarasi damai oleh masing-masing perwakilan penyuluh antar umat beragama.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.