Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

FKUB Provinsi Berharap FKUB Sidoarjo Tetap Jaga Komitmen Keumatan saat Pilkada

Serah terima cindera mata dari FKUB Jawa Timur ke FKUB Sidoarjo.

Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, FKUB Jawa Timur menggelar kunjungan ke daerah-daerah. Pada Selasa, 1 September 2020 ketua FKUB Provinsi A. Hamid Syarif beserta rombongan berkunjung ke FKUB Sidoarjo.

Hamid Syarif menjelaskan, perihal kedatangannya yakni untuk menjalin silaturahmi dan kedekatan dengan FKUB Sidoarjo. Selain itu, ia ingin menghimbau kepada pengurus FKUB saat perhelatan Pilkada nanti untuk bijaksana dalam memposisikan diri sebagai pengurus dan sebagai pribadi.

“Pengurus harus sesuai komitmen moral, yakni sebagai pendidik penganut agama,” jelas Hamid Syarif di aula Bakesbangpol Sidoarjo.

Intinya, FKUB harus mendorong umat beragama untuk berperan aktif dalam proses pilkada, untuk menentukan masa depan daerah masing-masing. Tetapi jangan melibatkan FKUB ke dalam politik praktis.

Artinya, sikap politik adalah sikap pribadi, bukan kelembagaan FKUB. Supaya netralitas lembaga tetap terjaga, dan sesuai dengan tujuan awal dibentuknya FKUB.

Hamid Syarif juga menginginkan FKUB jadi pelopor kesadaran umat dalam melaksanakan protokol kesehatan. Pasalnya, hingga hari ini jumlah kasus baru masih terus bertambah, bahkan cenderung meningkat.

“Khawatirnya, umat beragama takut untuk memberikan hak pilihnya karena pandemi,” ungkap Hamid.

Kunjungan yang berlangsung selama kurang lebih 60 menit itu juga membahas tentang pergerakan radikal yang disinyalir mulai muncul kembali.

FKUB Sidoarjo pun mendapat apresiasi dari FKUB Jawa Timur atas usaha yang telah dilakukan. Karena, di antara FKUB di Jawa Timur, Sidoarjo memiliki kelengkapan kelembagaan yang lengkap, mulai dari koperasi hingga tim intelejen.

Kegiatannya pun dapat dilihat oleh masyarakat secara langsung. Menariknya, hampir semua kegiatan selalu berinovasi dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Saat ini jalin kerja sama juga dikembangkan dengan menggandeng perusahaan.

“Sidoarjo sudah berjalan sangat baik, dilihat dari website dan video youtube yang selalu update,” pungkas A. Hamid Syarif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.