Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

FKUB, Permesi, Pemkab, dan DPRD Sosialisasikan Kejahatan Cyber

Pelaksanaan workshop kajahatan cyber di aula Pemkab Sidoarjo, Selasa (14/3/2023).

Pentingnya merawat toleransi dan kerukunan di dunia maya, FKUB bersama Perhimpunan Pengusaha Media Siber Sidoarjo (Permesi) dan DPRD Kabupaten Sidoarjo menggelar Workshop Mencegah dan Menangkal Kejahatan Cyber.

Puluhan peserta dari tokoh masyarakat dan perwakilan organisasi masyarakat hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua FKUB Sidoarjo M. Idham Kholiq, S.Sos., M.A.P saat memberikan sambutan menjelaskan, berbagai macam kegiatan untuk mencegah tindak kejahatan cyber tidak boleh dilaksanakan hanya sekali. Pasalnya, kejahatan tersebut selalu berkembang dan polanya terus berubah.

“Perubahan teknologi menjadi alasan untuk dilaksanakannya workshop semacam ini secara terus menerus,” kata Idham usai kegiatan tersebut berlangsung, Selasa, 14 Maret 2023 di aula Delta Karya Pemkab Sidoarjo.

Sementara itu perwakilan DPRD Sidoarjo yang hadir H. Dhamroni Chudlori mendorong untuk memperluas kegiatan tersebut. Pasalnya, masyarakat perlu diedukasi supaya memahami konten-konten yang ada. “Kegiatan semacam ini dimasifkan agar masyarakat paham,” ungkapnya.

Intinya, kegiatan semacam itu juga harus diterima oleh masyarakat secara luas di berbagai tingkatan. Pasalnya, semakin merata kesadaran tersebut dibangun maka peningkatan sumberdaya manusia juga akan terwujud.

Sehingga, masyarakat akan semakin jeli memilih dan memilah informasi dari internet. Bahkan, mereka akan bisa mengedukasi masyarakat lainnya untuk lebih teliti memilih informasi dari berbagai macam sudut pandang.

Pada kesempatan yang sama ketua Permesi Sidoarjo Novi Dian Savitri mengatakan, digelarnya workshop ini agar masyarakat bisa memahami berita-berita atau konten-konten yang mengandung unsur tentang kejahatan Cyber.

Leave A Reply

Your email address will not be published.