Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Chrys Teguh: Indahnya Kebersamaan

 

christ teguh1
Oleh: Chrys Teguh.
Seksi Hubungan antar Umat Beragama
Paroki Gereja Katholik Santa Maria Annuntiata Sidoarjo

Sekarang masih kita rasakan gaung memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Seluruh rakyat negeri mengadakan berbagai macam kegiatan yang mempunyai tujuan utama yaitu mengucapkan rasa syukur atas karunia Allah yang diberikan kepada Bangsa Idonesia. Bangsa ini masih tegar berdiri dengan pondasi utamanya Pancasila. Peringatan HUT RI juga dimaksudkan untuk mendoakan para pejuang yang telah rela memperjuangkan bangsa ini sampai titik darah penghabisan. Mereka menghalau para penjajah yang berusaha menguasai ibu pertiwi dari Sabang sampai Merauke dengan segala kekayaan yang ada di dalam kandungannya.

Lebih jauh lagi, kalau berbicara tentang kemerdekaan Indonesia maka akan muncul suatu pertanyaan bagi kita, “Siapa yang ikut memperjuangkan bangsa ini sampai terbebas dari segala penindasan penjajah?”. Jawabanya adalah seluruh warga negeri atau seluruh rakyat Indonesia.

Ya…rakyat Indonesia yang beraneka ragam kebudayaan, agama, bahasa, suku dan berbagai macam perbedaan lainnya. Hal ini karena Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau di sepanjang garis Khatulistiwa.¬†Perbedaan yang menyatukan untuk sebuah negeri yang mempuyai nama Indonesia.

Menyatukan perbedaan untuk selalu mencinta tanah air satu, Tanah Air Indonesia.¬†Perbedaan bukan lagi hal tabu untuk diungkapkan, tetapi sebagai rahmat yang diberikan oleh Allah untuk bagsa kita…Indonesia.

Bulan Agustus sebentar lagi mengakhiri perputarannya untuk melangkah ke bulan berikutnya. Semoga kebersamaan, semangat persaudaraan, semangat nasionalisme dalam merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Bangsa ini tidak akan pudar begitu saja. Semoga semua ini tetap akan menjadi panduan hidup untuk bermasyarakat dan Bernegara.

Akhir kata, salam damai sejahtera Bangsaku,”Bangsa Indonesia”

“Saya Indonesia !!!”
“Saya Pancasila !!!”

Leave A Reply

Your email address will not be published.