Website Resmi Forum Kerukuman Umat Beragama Kabupaten Sidoarjo

Bhaksos dan Ogoh-ogoh Sambut Nyepi di Margo Wening

Menjelang perayaan Nyepi dan Tahun Baru Saka 1940, Pura Penataran Agung Margo Wening, Balong Garut, Krembung menggelar kegiatan bhakti sosial. Bertempat di halaman pura, Jumat 16 Maret 2018 ratusan paket sembako dibagikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sidoarjo Nyoman Anom mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun menjelang Nyepi. Acara itu juga menjadi simbol kasih kepada sesama makhluk dan manusia. Selain itu, bermakna saling membantu dan tolong menolong.

“Ini termasuk kegiatan rutinan tahunan Nyepi. Setiap tahun kami adakan bakti sosial untuk saling berbagi,” kata Nyoman.

Selain pembagian sembako, lanjut Nyoman, juga dilaksanakan arak-arakan ogoh-ogoh sebelum menjalankan ritual nyepi.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan tersebut memiliki makna terangkai dan tak terpisahkan. Tujuannya yakni membangun keseimbangan sosial, alam, dan spiritual.

KH. Noer Rochim wakil dari FKUB Sidoarjo yang merupakan warga Krembung yang hadir dalam acara itu berharap perayaan hari besar umat beragama senantiasa memiliki nuansa sosialnya. Sehingga dapat menjadi wadah bagi pemeliharaan kerukunan umat beragama.

Selain Kyai Noer, sapaan kyai Krembung itu, juga nampak nampak rombongan FKUB Sidoarjo bersama tokoh lintas agama yang datang bersama Sekretaris FKUB Sidoarjo M. Idham Kholiq. (YAN)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.